Senin, 11 Maret 2013

Jurus Rahasia Public Speaking - Penutupan Yang Berkesan


Sebagai seorang Motivator atau Pembicara Seminar, hendaknya ada menguasai Teknik untuk menutup sebuah presentasi atau sebuah TRAINING MOTIVASI, sehingga bisa berkesan bagi pendengar anda. Disini saya berikan 5 cara untuk menutup sebuah presentasi :
1. Ikrar atau Janji
    Dalam teknik penutup ini, pembicara meminta peserta untuk membuat janji atau komitment bersama untuk melalukan apa yang sudah di pelajari. Contoh :
    OH    : “ Baiklah bapak ibu sekalian, diakhir seminar ini marilah kita membuat komitment terhadapa diri sendiri untuk membangun kualitas pelayanan diperusahan ini. Senang sekali bisa berbagi dengan bapak ini sekalian, sukses untuk Anda dan selamat sore.”
    2. Ajakan
    Teknik ajakan menekankan ajakan yang disampaikan oleh pembicara kepada pendengar agar melakukan apa yang di pelajari. Contoh :
    OH    : “ Bapak ibu sekalian, saya mengajakn kita semua diakhir seminar ini untuk mulai membangun kualitas pelayanan diperusahan ini karena kemajuan perusahan ini adalah kemajuan kita bersama. senang sekali bisa berbagi dengan bapak ini sekalian, sukses untuk Anda dan selamat sore.”
    3. Story
    Teknik penutup dengan cerita untuk mengajak secara tidak langsung agar para pendengar mau melakukan apa yang di ajarkan. Contoh :
    OH    : “ pada suatu waktuhiduplah seorang guru yang bijak. Guru yang bijak ini terkenal akan kebijaksanaannya dalam memberikan nasehat kepada setiap orang yang datang kepadanya. Pada suatu saat datanglah seorang anak muda yang bermaksud untuk menguji si guru yang bijaksanan ini. Anak muda itupun bertanya kepada sang guru. “ Guru saya mempunyai seekor burung ditangan saya.menurut guru apakah burung ini hidup atau mati ?”
    (sambil menyembungikan tangannya dibelakang tubuhnya)
    Dengan senyum, sang guru berkata “ anak muda, hidup dan mati burung tersebut ada ditangan anda. Kalau saya mengatakan burung itu mati maka, anda akan melonggarkan tangan anda sehingga burung itu bisa terbang, sebaliknya kalau sayang mengatakan burung itu hidup maka kamu akan meremas leher burung tersebut dan akhirnya burung itu mati.
    Saat ini, sukses dan tidaknya bapak ibu ada ditangan anda. Ilmu telah saya berikan dan itu sudah bapak ibu terima. Saya yakin, jika anda mau untuk bertindak sesuai dengan apa yang sudah anda pelajari maka anda akan mendapatkan apa yang anda inginkan. Sukses untuk anda semua dan selamat malam.”
    4. Lagu
    Meminta para peserta menyanyikan sebuah lagu penutup. Contoh :
    OH    : “ Baiklah bapak ibu sekalian, diakhir seminar ini marilah kita menyanyikan lagu if we hold on together. Sebagai metafora bahwa jika kita bergandengan tangan bersama-sama maka kita akan bisa menadapatkan hasil yang maksimal.”
    5. Pantun
    Menyampaikan sebuah pantun untuk menutup presentasi. Contoh :
    OH    : “ sebuah pantun mengatakan tiada gading yang tak retak dan tidak ada manusia yang luput dari kelifan. Dan apabila ada goyonan, lelucon dan kata-kata saya yang tidak berkenan, tolong maafkan saya.” Senang sekali bisa berbagi dengan bapak ini sekalian, sukses untuk Anda dan selamat sore.”

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar