Senin, 11 Maret 2013

10point untuk menjadi motivator"


1.Pesain Kurang
Dalam bisnis apapun selalu ada pesaing karena pesaingan adalah tanda bahwa bisnis tersebut berkembang. Lihatnya bisnis – bisnis yang berkembang, pasti akan muncul pesaing-pesaing baru yang ingin mengambil pasar yang sudah terbentuk tersebut.
Perbedaan dalam profesi pembicara dan bisnis event organizer untuk Seminar, Training dan Pelatihan adalah tidak semua orang bisa melakukannya. Dan oleh karena itu, orang dengan modal besar belum tentu bisa masuk di bisnis ini. Berbeda dengan bisnis yang lain.
2.Modal Kecil

Saat memutuskan untuk menjadi seorang pembicara dalam Training Motivasi maka saya hanya menginvestasikan Rp 15.000.000 untuk  mengikuti seminar Train for Firewalk Trainer yang di adakan oleh Tung Desem Waringin di Bali. Bermodalkan uang pinjaman, sayapun berangkat ke Bali yang saat ini masih sepi karena baru terkena bom.Hitungan saya mengatakan bahwa dalam waktu 1 tahun anda pasti akan balik modal dan sesudah itu tinggal menikmati profitnya saja. Hampir tidak ada bisnis dengan potensi penghasilan hingga miliaran rupiah pertahun dengan hanya bermodalkan Rp. 15.000.000, kecuali menjadi pembicara.Saat memulai menjadi pembicara, saya melakukannya dirumah. Kemudian, di ruko dan akhir saat ini Ongky Hojanto Resoruces menjadi event Organizer terbesar di Indonesia Timur.
3.Return Besar dan cepat
Dalam bisnis, factor kecepatan sangat penting, begitu juga dalam perkembangan keuangan anda. Time value of money atau nilai waktu terhadap uang. Contohnya : saat kuliah dulu tahun 1998 dengan uang Rp. 10.000 saya masih bisa membeli susu, milo dan 1 kg gula pasir. Saat ini tentu tidak akan bisa lagi. So, semakin cepat anda memperoleh uang maka akan semakin baik. Oleh karena semakin cepat juga anda bisa melipatgandakannya di instrument investasi yang lain seperti property atau emas.Menurut saya rata-rata bisnis akan balik modal ditahun ketiga atau keempat. Sebagai seorang pembicara anda bisa balik modal dalam 1 tahun karena investasi yang anda keluarkan rendah dan salah satu cara untuk mempercepat pengembalian modal anda adalah bekerjasama dengan yang terbaik dan terbukti.
4.Resiko Tidak Ada
Berbeda dengan bisnis barang yang harus memerlukan stok atau bisnis jasa yang lain yang harus memerlukan peralatan-peralatan penunjang jalannya bisnis, maka untuk menjadi pembicara anda hanya memerlukan 1 buah laptop dan telp.Laptop untuk digunakan saat presentasi dan telp agar anda dapat dihubungi oleh perusahan yang akan mengundang anda.Karena begitu rendahnya investasi yang anda keluarkan untuk memulai propfesi sebagai pembicara maka resikonya hampir tidak ada sama sekali.
5.Bayaran Hitungan Jam
Dulu saat bekerja sebagai akuntan di sebuah hotel maka saya harus masuk kerja jam 09.00 pagi dan akan pulang jam 17.00 sore. Jika ada event maka saya juga diharuskan untuk masuk malam alias lembur. Setelh memutuskan untuk menjadi pembicara saya hanya bekerja 3 jam (sekali seminar) sama dengan gaji saya selama 1 tahun saat bekerja di Hotel tersebut.
Anda bisa bayangkan, sekali seminar saya di bayar Rp. 20.000.000 jika pengeluaran perbulan saya adalah Rp. 10.000.000 maka setiap 2 bulan saya hanya perlu 3 jam seminar untuk menghidupi anak dan istri saya. Sangat ,menarik bukan.
6.Mudah Terkenal
Siaran Televisi sudah saya lakukan selama 3 tahun di Pacifik TV Manado, Siaran radio sudah saya lakukan 4 tahun dismart FM Manado,menulis di Koran dan beberapa majalah nasional juga pernah saya lakukan. Semua hanya dimungkinkan kalau anda menjadi seorang trainer
7.Pekerjaan Mulia
Puluhan testimony yang datang kepada saya dengan berbagai kisah yang menggetarkan hati. Anda yang bangkrut dan hampir bunuh diri, setelah ikut seminar bisa bangkit dan mulai bisnis lagi. Ada penderita kanker yang tengah berjuang menghadapi tantangannya yang akhirnya termotivasi untuk terus berjuang.Ada linangan airmata saat saya membaca kisah mereka, kisah ayng disertai doa dan ucapan terima kasih yang tulus karena meresa terbantu setelah ikut seminar-seminar yang saya adakan. Inilah yang membuat saya merasa berarti sebagi manusia.
8.Bisa keliling Indonesia Gratis
Surabaya, Malang,Banjarmasin,Pekan Baru, Medan, Bandung, Jogyakarta,Bali, Semarang, Ternate, Makassar, Padang,Jakarta, Manado, Gorontalo adalah nama-nama kota-kota di Indonesia yang bisa saya nikmati keindahannya karena diundang untuk berbicara di sana. Saya bisa keliling Indonesia gratis serta tinggal di hotel-hotel terbaik karena profesi sebagai pembicara
9.Memiliki Trust di Mata orang lain
Salah satu hal terpenting yang akan anda miliki saat suadah menjadi seorang trainer adalah Trust dimata orang lain. Didalam pandangan kebanyakan orang profesi sebagai trainer adalah profesi terhormat dan terpandang, sehingga tidak heran sesudah acara ada begitu banyak orang yang dating untuk bertanya, minta tanda tangan dan juga foto.Trust yang ada dimata orang lain juga akan sangant membantu anda untuk terlibat didalam bisnis-bisnis yang lain ataupun nantinya akan diajak berbisnis oleh orang lain karena mereka telah trust kepada anda.
10.Tidak mengenal usia
Anda tidak akan menemui post power sindrom dalam profesi ini. Selama anda masih bisa berbicara maka anda akan tetap bisa menjalankan profesi ini, kecuali anda memutuskan untuk pension. Semakin tua anda maka akan semakin anda dicari, karena kelihatan semakin bijaksana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar